Sabtu, 07 Juli 2018

PERMAINAN SPANYOL YANG MEMBOSANKAN


Menyempatkan waktu untuk menonton Piala Dunia Spanyol vs Rusia menjadi sebuah kekecewaan. Bukan karena Spanyaol kalah oleh Rusia. Justru kekalahan Spanyol dari Rusia-lah yang membuat saya girang. Dan yang membuat saya kecewa, karena gaya permainan Spanyol yang seperti sangat bangga bisa menguasi bola dengan lama seperti tanpa ada keinginan untuk menyerang dan membikin gol. Bola dioper dari pemain belakang ke pemain belakang, ke tengah sedikit ke belakang lagi. Begitu terus menerus. Saat pemain-pemain Rusia mencoba menge-pressure segera boal dikirim ke belakang. Seperti main kucing-kucingan saat pemanasan atau latihan. Kalau begitu terus, kapan bikin golnya?
Meski persepakbolaan dunia banyak tertuju pada liga di Spanyol dengan klub-klub raksasa yang mampu menggaji pemiannya milyaran per minggu, tetapi dengan penampilan pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 melawan Rusia yang sangat tidak enak ditonton itu, saya menjadi sangat berharap Spanyol kalah dan masuk kotak sesegera mungkin. Dan alhamdulillah, harapan saya terkabul, Spanyol tersingkir oleh Rusia lewat adu pinalti setelah melalu babak perpanjangan waktu skor masih 1 – 1.
Sepakbola yang menarik itu jika di lapangan terjadi permainan yang cepat, operan-operan yang jitu, akurat dan cerdas berkeputusan. Penguasaan bola dengan prosentase tinggi dengan tidak ada niatan untuk menyerang, pasti membosankan. Jika cara sepak bola seperti ini, ndilalah menang, sepakbola bisa ditinggalkan oleh penonton dan beralih ke olahraga lain yang lebih menarik. Mengherankan, negara yang liga sepakbolanya sangat baik dan menjadi salah satu liga terbaik di dunia, ketika pemain lokalnya bermain atas nama negara, tak terasa menghibur dan tak menarik untuk ditonton.
Kecerdasan pemain dalam mengambil keputusan yang cepat, tepat, cerdas menjadi tontonan yang menarik dalam sepakbola. Aksi dribling bola, kontrol bola, cara melindungi bola, umpan zonasi, pergerakan tanpa bola yang memecah konsentrasi lawan, membaca kekuatan lawan dan memanfaatkan setiap momen untuk mengalirkan bola dalam proses membuat gol, itulah yang dinikmati dalam permainan sepakbola. Bahkan cara mengolah dan mempermainkan emosi lawan pun menjadi bagian yang bisa dinikmati dalam sepakbola. Jika itu hampir hilang dalam permainan sepakbola, seperti cara bermainnya tim Spanyol, kita akan banyak kehilangan momen-moen seperti itu.
Gol yang indah dari seorang penyerang dengan segala operan atau assist yang brilian menjadi keasyikan tersendiri untuk dinikmati. Penyelamtan gemilang seorang kiper pun tak kalah menariknya untuk dinikmati. Jika sebuah tim sepakbola sangat berhati-hati dalam proses pembuatan gol dan seperti sangat takut kehilangan bola sehingga sering dioper ke belakang demi untuk mengamankan bola dari rebutan lawan, ini akan menjadi tontonan yang menjemukan.
Beruntunglah bagi penggemar sepakbola, karena kemudian disuguhi permainan setelah, Spanyol vs Rusia, yang lebih menarik dan menghibur. Kroasia Vs Denmark, Brasil vs Meksiko, Belgia vs Jepang, Swedia vs Swiss, dan kolombia vs Inggris di babak 16 besar dan Prancis vs Uruguay dan Brasil vs Belgia. Semua menarik dan enak ditonton.
Jumlah gol yang banyak dengan keterkejutan-keterkejutan dalam proses gol dan keterkejutan skor, menjadi menarik untuk diikuti sampai detik terakhir. Sepakbola yang menyenangkan untuk ditonton itu, sepak bola yang saling menyerang, bukan hanya lomba penguasaan bola di lapangan “tanpa ada usaha” untuk menyerang menciptakan gol.
07072018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar