Label

Rabu, 10 Januari 2024

TANPA NONTON POLITIK.

Membahas politik itu mengasyikan. Apalagi lawan bicaranya se-ide, pilihan politiknya sama, pandangannya banyak kesamaan. Semua mengalir saling mengayuh dayung. Semakin jauh sampai membahas yang sangat jauh dari pembahasan awal. Saling mengisi batrai untuk terus berjalan sampai lelah yang menyelesaikan.

Jika lawan bicaranya berbeda pilihan dan berbeda pandangan, akan terjadi perdebatan terus menerus yang tak pernah selesai jika kedua pihak sama-sama tak mau mengakhiri. Mengakui kekalahan atau memunculkan kondisi seperti kalah debat adalah hal yang sangat dihindari. Perdebatan itu intinya hanya dua, kubu saya semuanya benar sedangkan kubu lawan semua salah, tidak tepat dan ngawur. Kadang-kadang juga, memperdebatkan sebuah kata atau kalimat yang kurang pas penyusunannya yang kemudian menggiring menjadi debat kusir yang buang-buang waktu dan energi.

Jika membahas politik mengasyikan, membiarkan diri lepas dari berita politik, tidak membaca berita politik, tidak membahas segala hal yang berkaitan dengan politik, itu juga sebuah keasyikan tersendiri. Tidak ada emosi yang terkuras karena dukungan kita di kuliti oleh lawan politiknya dengan berbagai kreativitas cara menyerang. Membuat gadget kita lepas dari algoritma politik, sebuah keasyikan yang tak kalah dengan keasyikan membahas politik. Politics free everyday.

Djayim, 20:49 10012024

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar