Label

Rabu, 14 Februari 2024

LEMBAGA SURVEY

Hari ini, Rabu legi, 14 Februari 2024, Negara Kesatuan Republik Indonesia melaksanakan hajat besar pemilihan umum Presiden dan Legislatif. Ada tiga pasangan calon presiden; Anis – Muhaimin, Prabowo – Gibran, Ganjar – Mahfud. Di legislatif ada DPRD II, DPRD I, DPR Pusat dan DPD. Untuk legislatif tak banyak atau tak menjadi berita, lembaga survey yang mengumumkan hasil surveynya. Survey yang ramai dan menjadi bahan perbincangan; tentang paslon presiden.

Ada banyak lembaga survey yang merilis hasil surveynya dihari-hari akhir menjelang pemilihan dilaksanakan. Kebanyakan lembaga survey mengunggulkan Prabowo – Gibran, dan mereka sebagian mengatakan Prabowo – Gibran akan unggul lebih dari 50% pada putaran pertama dan menang satu putaran dengan syarat dan ketentuan yang ada. Hasil survey yang dirilis di media massa tak serta merta dipercayai. Banyak yang menduga, lembaga survey sebagai bagian dari tim kampanye untuk memproganda calon pemilih, dan menganggap hasilnya sebagai pesanan, tidak sesuai realita di lapangan.

Hasil survey pemilihan presiden selalu ramai saat menjelang pemilu. Bahkan dua tahun sebelum pemilu pun ada survey yang mereka-reka, siapa calon presiden yang akan dipilih saat pemilu nanti. Banyak yang tidak peduli, tapi tak ada sesuatu kegiatan tanpa tujuan. Survey jauh-jauh hari pasti ada tujuan atau ada pesanan untuk mengetahui peta dan jalan politik mana yang harus dipilih bagi para politikus. Membangun relasi, menentukan harus berkumpul dengan siapa saja pada pemilu yang masih jauh itu. Kerjaan para pekerja politik memang begitu, membangun relasi, berusaha memperoleh kekuasaan, mempertahankan kekuasaan dan memanfaatkan kekuasaan. Membangun sebuah kelompok yang solid dan terjaga, harus selalu penuh perhatian dan mengikuti arus para pemilih yang akan dibutuhkan saat pemilu.

Meskipun banyak yang meragukan hasil survey, tetap saja survey dibutuhkan dan selalu akan muncul saat pemilu. Nanti sore, saat quick count sudah mulai muncul, kredibiltas lembaga survey akan terbukti. Apakah survey itu pesanan dari paslon atau memang benar-benar obyektif. Jika survey itu obyektif, siapa yang membiaya pelaksanaan kegiatan survey yang memerlukan biaya tidak sedikit.  Survey menjadi bagian dari kegiatan politik.

06:33 14022024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar