Senin, 22 Agustus 2016

motivator

Pernah baca buku motivasi? Atau setidaknya membaca penggalan-penggalan kalimat penggugah motivasi. Atau tayangan audio visul, atau menonton langsung seorang motivator yang menggelora bersemangat menyemangati audiennya. Semua mengatakan, tak ada yang tidak mungkin, semua bisa berhasil, semua bukan hal yg sulit, semua bisa diatasi. Semua bukan hal yang mustahil. Immposible adalah kata yang harus dienyahkan dari pikiran. Dalam dunia motivator, naik ke bulan dengan membikin sendiri sayap-sayap pun, bisa menjadi mungkin.
Beberapa buku motivasi pernah saya baca dan begitu banyak penggalan-penggalan kalimat yang sepintas dibaca dan juga tayangan motivasi di tivi seperti Mario Teguh, dll. Dan berkesimpulan, bahwa semuanya sama. Hanya cara dan contoh kasus dalam penyajian dengan kemasan yang berbeda-beda. Kemasan-kemasan itu di bikin semenarik mungkin agar menghibur, tak membosankan dan tidak nampak menggurui. Kadang kalimat yang sudah sering mendengar dan sudah hafal pun, akan menjadi motivasi yang mencengangkan jika datang pada waktu dan kondisi hati yang tepat. Sebuah kalimat yang sama akan berbeda-beda penafsirannya pada masing-masing individu dengan belakang kondisi hati dan kondisi waktu yang tak sama. Kesiapan si penerima, menerima motivasi juga menjadi perbedaan hasil akhir.
Pada saat seseorang dalam kondisi drop, kalut, jenuh dan lemah, sebuah perhatian yang pas, mengena, akan membangkitkan semangat hidup kembali walau dengan kalimat sederhana pun. Apalgi jika pemberi semangat orang yang spesial dalam hidupnya. Kalimat motivator yang berterbangan di langit di sekitarnya, memerlukan timing yang tepat untuk menjadi berguna. Tak banyak kalimat yang bisa masuk. Dan bisa saja kalimat itu bukan kalimat sederhan yang nggak njlimet atau seperti puisi yang multi penafsiran.  
Dalam bisnis atau pemasaran seperti multi level marketing ( MLM ) misalnya, cara memotivasi para anggotanya, mereka memakai kalimat motivasi yang bertebaran di mana-mana. Tak ada kata menyerah dan tak mungkin menjadi kata kunci yang selalu diperdengarkan agar tak kendor semangatnya. Semangat tak boleh turun sedikitpun. Cerita sukses selalu dihadirkan agar termotivasi untuk menjadi orang yang sudah sukses melalui jalan yang pernah di tempuhnya dengan tak pernah menyerah sedikitpun.

Motivator itu membicarakan tentang semua bisa asal kita mau. Semua begitu dengan kemasan yang berbeda-beda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar