Selasa, 24 Oktober 2017

ndilalah

Dalam bahasa Jawa ndilalah itu diartikan sebagai sesuatu kejadian yang diluar rencana dan tak terduga. Ada kekuatan lain dalam kejadian yang disebut ndilalah. Kekuatan Yang Maha Kuasa yang mengatur kejadian tersebut, sehingga apa yang tak diduga menjadi sebuah awal jalan yang baik atau sebaliknya. Baik atau tidak baik menurut versi sementara bagi si penerima ‘ndilalah’, karena jalan panjang yang berubah arah karena kejadian ndilalah, belum bisa diketahui sepenuhnya.

Sebuah kejadian atau hasil sebuah proses, yang bagi kita sekarang dianggap tidak menyenangkan dan mengecewakan, bisa saja dikemudian hari ternyata menjadi sebuah awal yang lebih baik dari yang kita duga dan dicita-citakan. Kekeceewaan seseorang seringkali terjadi karena sesuatu yang terjadi tidak sesuai harapan pada waktu yang diinginkan. Waktu menjadi sebuah ukuran keberhasilan. Semakin pendek waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan keberhasilan, makin terasa sebuah kesuksesan. Meski tidak tahu apakah kesuksesan itu akan berlanjut dala jangka panjang atau hanya sesaat yang melenakan. Sebuah proses pencapaian yang diperoleh dengan lambat tapi terus berkembang sering menimbulkan rasa tidak sabar yang kemudian mencari jalan lain yang lebih cepat.

Masa yang akan datang adalah misteri bagi setiap manusia. Kejadian sepuluh menit kemudian pun kita tak bisa memastikan akan terjadi begini, akan terjadi sesuai rencana. Manusia hanya bisa membuat rencana dan dalam pelaksanaanya tergantung pada campur tangan Tuhan. Bisa saja sebuah rencana berjalan sesuai dengan yang inginkan, tapi bisa juga sebaliknya. Campur tangan Tuhan itulah yang disebut ndilalah. 

Seseorang terlepas dari kecelakaan maut karena ndilalah ia terlambat datang sehingga ketinggalan bis yang dalam perjalanan terjadi celaka. Seorang serdadu selamat dari pertempuran hebat karena ndilalah ia terperosok dalam lubang dan terhindar dari serangan musuh. Seseorang tidak lolos dari ujian karena ndilalah pas hari ujian ia sakit. Seseorang tidak jadi berangkat liburan karena ndilalah ada sesuatu yang tidak bisa ditinggalkan. Dan, ketidakbisaan itu kadang menjadi jalan lain yang kita tidak tahu sebelumnya dan tak direncanakan yang ternyata lebih baik dari yang kita rencanakan sebelumnya.

Ndilalah itu campur tangan Tuhan dalam sebuah kejadian yang berkelanjutan. Tentu ini bagi yang percaya Tuhan. Sebuah misteri yang datangnya tak pernah kita tahu dan kapan ndilalah itu terjadi. Merencanakan sesuatu untuk melakukan apa-apa yang akan datang, itu sebatas kemampuan manusia yang harus tunduk dan menerima ndilalah apapun yang terjadi. Bukan pasrah terhadap campur tangan Tuhan dan tidak berbuat apa-apa, tapi ndilalah itu datangnya sesuai rencana Tuhan, hanya kita saja yang tak bisa memahami.

Ndilalah itu rencana Tuhan yang kita tidak bisa tahu dan tidak bisa memahami. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar