CARI DI BLOG INI

Minggu, 29 Mei 2022

PERUBAHAN

Lama saya tidak memperhatikan fungsi-fungsi perangkat yang ada pada laptop, dan hanya memfungsikannya sekedar untuk menulis dan sedikit membuat data di Ms. Office. Sampai kemudian saya memperhatikan port usb type C dan langsung browsing fungsinya. Salah satu fungsinya bisa dipakai sebagai jalur pengisian baterai pakai power bank seperti layaknya HP. Ingatan saya langsung terbang ke masa sekitar 10 tahun yang lalu. Waktu itu saya merasa perlu power bank untuk laptop karena power bank untuk handphone sudah menjadi hal yang biasa. Saya pergi mendatangi toko laptop dan segala perlengkapannya, saya tanya pada pelayan toko, “mba, ada power bank untuk laptop nggak”, dia menjawab agak bingung, “nggak ada mas,” sambil sedikit tersenyum mencibir seolah-olah saya mencari barang yang jelas-jelas tidak ada. Seorang pelayan toko lainya yang laki-laki meyakinkan lagi dengan berkata, tidak ada barang yang saya cari dan cara memasangnya pun bagaimana dan pandangan matanya menganggap saya aneh. Sambil ngloyong pulang saya bergumam, “masa para ahli teknologi belum sampai ke situ.” Ada pula muncul keraguan kalau teknologi men-charger laptop pakai power bank sudah ada hanya saja di Indonesia belum ada atau sudah ada tapi belum nyampai pada toko yang saya datangi. Dan saya berharap akan segera ada dan sempat berpikir ada sebuah laptop dengan casing dari bahan untuk panel surya sehingga bisa untuk men-charger laptop jika siang hari.

Dan ternyata sekarang sudah ada apa yang saya inginkan waktu itu. Saya Kembali menjadi teringat pernah baca jika teknologi nuklir bisa dimanfaatkan untuk baterai handphone yang bisa bertahan lima tahun. Jika ini benar dan bisa, dan diterapkan juga pada laptop, kekhawatiran tentang bahaya lowbat  pada handphone atau laptop akan hilang dan orang akan semakin bertambah nyaman menggunakannya.

Ketika saya belajar nyetir mobil, kondisi paling sulit yang membuat grogi dan over nervous adalah saat  mobil harus berhenti di tanjakan dengan kendaraan ada di depan dan belakang. Bagaimana seorang yang baru belajar di teror rasa grogi, di barengi keringat dingin, ditambah suara klakson yang serasa terus berteriak-teriak meneriaki, harus mengkombinasikan injakan gas, injakan kopling dan pelepasan handrem yang harus sesuai supaya mobil tidak mati dan tidak mundur membokongi mobil yang di belakang. Selepas mas kritis itu, saya mengumpat pada ahli mesin yang tidak membuat intalasi rangkaian mesin yang jika gigi maju mobil tidak bisa mundur meski di tanjakan dan sebaliknya. “Kenapa nggak mengadopsi cara kerja bor listrik yang berputar kekanan nggak  bisa dipaksa mutar ke ke kiri dan jika mutar ke kiri nggak bisa mutar kanan." Sempat juga saya berpikir mungkin di mobil lain atau mobil yang baru dan mewah sudah ada cuma saya belum menemuinya. Dan ternyata keluhan saya sepuluh tahun yang lalu sudah terjawab, teknologi itu sudah dipakai pada mobil.

Perubahan itu selalu saja ada pada teknologi yang meringankan beban manusia. Pada masa transisi perubahan tak jarang terjadi penolakan dan keraguan. Motor matic awalnya banyak orang yang takut mengendarainya dengan kecurigaan yang dibumbui dan apriori. Sekarang orang lebih nyaman pakai motor matic dan tak ada lagi rasa khawatir saat mengendarai.

Para ahli mesin dan elektronik selalu berpikir bagaimana meringankan semua kegiatan manusia dan mengambil keuntungan dari teknologi yang diciptakan. Jika suatu waktu merasa kesulitan untuk melakukan sesuatu, cari tahu dimana saja barangkali sudah ada alat atau perangkat yang sudah di buat dan sudah dijualbelikan. Kita yang tidak bisa membuat tinggal menyediakan uang untuk menukarnya sekaligus membiayai hidup sang ahli.

22:49 29052022

 

2 komentar:

  1. Saya setuju setuju aja pak. Apalagi kalo ada pencetak penghasilan untuk kehidupan ngga bisa berhenti tetus mengalir seperti air di kali cipandan. TOP

    BalasHapus
  2. From Subject Received Size Categories
    BLAID - JKT Operations SJX SERVICE - STACKING PERIOD MV. XPRESS IRRAWADDY V.22011S/22011N 9:47 AM 114 KB

    BalasHapus