Label

Sabtu, 27 Mei 2023

INDONESIA vs AREGNTINA

Indonesia vs Argentina
 

Banyak sekali berseliweran vedio pendek, narasi, pamflet, satire di media massa yang menyambut pertandingan sepak antar Indonesia dengan Argentina yang akan diselenggarakan pada 19 Juni 2023. Sepakbola Argentina pada bulan April kemarin menduduki peringkat 1 dunia. Indonesia berada pada peringkat 149, bahkan di bawah Hongkong yang perkiraan saya jika Indonesia melawan Hongkong kemungkinan menang besar. Ada juga yang membandingkan harga Tim Indonesia dengan tim Argentina yang sangat jauh perpautan nilainya. Tentu bukan hal yang mudah untuk mendatangkan tim Argentina ke Indonesia. Saya kira tak ada keinginan dari Argrntina sendiri untuk datang bertanding dengan Indonesia di Jakarta dikarenakan sepakbola dan tim sepakbola Indonesia seperti narasi dari Lionel Messi. Banyak lobby dan cara untuk mendatang tim sekelas Argentina untuk datang ke Indonesia. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, pasti punya peran penting pada acara ini. Dengan pengalamannya di dunia sepakbola internasional, dan pernah menjabat presiden dan pemilik klub Inter Milan pada 2013-2018, komunikasi yang berkaitan dengan sepakbola tentu masih terjaga.

Mendatangkan tim sepakbola Argentina ke Indonesia saja, bagi saya merupakan sebuah prestasi. Ini akan menjadi kampanye persepakbolaan Indonesia ke seluruh dunia. Banyak negara yang ingin melaksanakan friendly match dengan negara sepakbola besar seperti Argentina. Momen ini pasti akan dimanfaatkan oleh Indonesia untuk kemajuan sepakbola Indonesia dan sektor lain, seperti pariwisata.

Para pengamat sepakbola dunia pasti akan ikut melirik para pemain dalam pertandingan itu. Jika ada beberapa pemain muda Indonesia yang menarik perhatian para pencari bakat klub-klub besar dunia, ini akan lebih menarik lagi bagi pasar bisnis sepakbola di Indonesia. Penduduk Indonesia yang berjumlah 270-an juta dan sebagian besar tertarik dengan olahraga sepakbola, merupakan aset yang sangat berpotensi menguntungkan dari segi ekonomi lewat jalur sepakbola. Barang dan jasa akan terus ditawarkan untuk menyedot uang.

Pemain Indonesia yang main di kasta kedua atau ketiga di klub-klub eropa saja, sudah menjadi kebanggaan penggemar sepakbola Indonesia dan setiap timnya bertanding, menjadi bahan berita dengan penyajian berita bermacam-macam. Apalagi jika ada pemain Indonesia yang main di klub elit Eropa dan menjadi pemain utama, penggemar sepakbola Indonesia pasti akan menjadi fans klub tersebut dan selalu menonton pertandingannya.

 

Jika.

Saya akan berandai-andai tentang pertandingan Indonesia Vs Argentina. Jika Argentina bermain serius dengan full tim terbaiknya dan Indonesia juga, berapa kemungkinan skornya? Secara realita, sangat bisa terjadi selisih gol yang banyak. Tapi, ada ungkapan, bola itu bundar, bisa saja pemain Indonesia bisa mengimbangi permainan Argentina dan Indonesia tidak kebobolan. Mustahil? Bukan sesuatu yang mustahil. Misalkan, para pemain Indonesia terus menerus mengepung pemain Argentina yang menguasai bola dan menjaga pemain lain yang kemungkinan di oper, dengan terus menerus bergerak dan berlari, bisa jadi kepiawaian para pemain Argentina akan tertekan, dengan skor hasil akhir, 0-0. Ini memerlukan kekuatan fisik yang hebat, dan ini bisa dilakukan. Bisa? Bisa saja.

Jika terjadi skor 0-0, permainan di lapangan benar-benar serius dan full team, publik sepakbola dunia percaya? Jika, entah bagaimana tiba-tiba Indonesia menang 1-0, ada orang yang percaya kalau seluruh pemain Argentina bermain dengan kemampuan sepenuhnya? Pasti semua berkesimpulan gol Indonesia sebuah hadiah. Apalagi jika Indonesia menang dengan selisih 3 gol. Jika gawang Indonesia yang terus menerus dibombardir pemain Argentina, tetapi tak satupun jadi gol, membentur tiang gawang, penyelamatan kiper yang gemilang, membentur pemain  dan apapun yang membuat tidak jadi gol, apakah publik dunia sepakbola percaya bahwa tidak ada energi magic yang terjadi di lapangan. Jadi, pepatah bola itu bundar untuk pertandingan Indonesia vs Argentina, tidak berlaku. Ini pertandingan eksibisi yang tujuannya untuk memberi semangat persepakbolaan Indonesia dan bisnis. Ini sebuah kebanggan dan hiburan bagi pecinta sepakbola Indonesia.

Ini adalah ajang promosi bagi pemain-pemain muda Indonesia untuk menunjukkan kalau dirinya layak untuk dipilih oleh pencari bakat untuk kemudian bisa main di liga-liga elit dunia.

12:09 170523

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar