Senin, 21 Agustus 2017

SEPAKBOLA, INDONESIA ‘HANYA’ MENANG 1 – 0 ATAS TIMOR LESTE.


Tim Garuda Muda u 22 
djayim.com   Harapan (saya) untuk menambang gol lebih dari tiga di gawang Timor Leste dalam perhelatan Sea Games 2017 di Malaysia ternyata meleset. Setidaknya akan ada nilai plus khusus jika menang banyak atas Timor Leste karena bisa menjadi lebih unggul jika terjadi nilai sama antara tim yang akan melaju ke semi final. Kemungkinan Thailand dan Vietnam akan menjadi pesaing utama untuk melaju ke semifinal. Vietnam yang sudah menang tiga kali berkemungkinan besar melaju ke babak berikutnya. Tinggal Thailand, jika terjadi nilai sama dengan Indonesia, selisih gol menjadi penentu.

Perhelatan sebelumnya, Timor Leste menjadi tim lemah bagi Indonesia untuk membikin gol lebih dari tiga. Dan sekarang, Timor Leste bukan lagi tim yang bisa kebobolan dengan mudah. Bersusah payah garuda muda mempertahankan gol dan berkesulitan untuk menambah gol. Jangankan lebih dari tiga gol, untuk mengamankan satu gol pun, tampak terdesak di menit-menit akhir babak kedua. Aksi militan tim Timor Leste yang tak mudah menyerah pada kelelahan, sering memporak-porandakan permainan tim Indonesia, bahkan sering mengancam gawang Indonesia dan sukses membuat pendukung Indonesia khawatir.

Timbul kemudian pikiran, apakah tahun depan Indonesia yang akan kerepotan melawan Timor Leste? Apakah Timor Leste terus meningkat grafik permianan sepakbolanya dan Indonesia stagnan?

Melihat pertarungan anak-anak Garuda Muda yang terus bergerak sampai penghujung pertandingan, memang patut di puji, fisik nampaknya sudah semakin baik dan teratasi. Komunikasi, alternatif penyerangan dan strategi khusus yang berbeda di setiap momen dan setiap menghadapi tim yang berbeda, nampaknya perlu diterapkan disamping kemampuan teknik yang perlu terus ditingkatkan supaya bisa memanfaatkan kesempatan sesulit apapun di lapangan. Keluar dari tekanan lawan sambil meyerang dengan strategi yang mengejutkan lawan diperlukan kecerdasan para pemain dan teknik yang mumpuni. Dan di tim kita, semua pemain berpotensi untuk meningkatkan skill-nya menjadi lebih baik, menjadi setara dengan bintang sepak bola dunia.

Talenta dasar sudah dimiliki para pemain kita. Kompetisi yang bergulir juga sudah sangat kompetitif. Semangat juang juga sangat menjiwai. Tinggal bagaimana mengkombinasikan faktor-faktor yang ada menjadi sebuah kemenangan yang sangat ditunggu oleh seluruh warga Indonesia.

Dalam sepak bola, sering sebuah kemenangan karena keberuntungan yang tak terduga. Tetapi kemenangan yang mengandalkan keberuntungan, kurang meyakinkan dan bukan sebuah tujuan akhir dari sebuah pertandingan. Menang dengan bermain baik dan teknik yang cantik, tentu akan lebih menggembirakan dan membanggakan.

Maju terus Garuda Indonesia. Maju terus sepak bola Indonesia.

20 Ags 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar